-->

Pemulihan setelah melahirkan Artikel Kehamilan

Mengembalikan kondisi fisik ke keadaan sebelum hamil memerlukan kiat tersendiri, dan tidak mudah untuk dibuat saran praktis yang bisa diterapkan secara sama kepada semua orang.

Berikut beberapa saran singkat dan padat yang bisa membantu mengembalikan kondisi fisik anda :

1. Banyak minum air putih.
Sampai kapanpun manusia sangat membutuhkan air, dan ibu yang baru melahirkan membutuhkan lebih banyak air karena dia sedang menyusui bayinya. Lebih banyak air minum dapat menyebabkan lebih banyak air susu. Apalagi kalau ibu harus melakukan aktifitas kerja atau latihan fisik, sehinga keringat banyak keluar dan untuk menggantinya.


2. Banyak Berjalan
Buat ibu yang melahirkan dengan operasi caesar, berjalan kaki dapat mempercepat pemulihan luka potongan di bagian luar maupun dalam perutnya. Bila ibu melahirkan secara alamiah (lewat vagina), berjalan-jalan juga penting untuk mengembalikan otot-otot di sekitar selangkangan dan kaki.


3. Jangan Memaksakan diri
Ibu baru saja melahirkan, Ibu bukan lagi gadis perawan. Ketika melakukan aktivitas fisik ibu  akan mengalami bahwa ibu tidak sekuat dan selincah dulu lagi. Jangan paksakan diri. Kalau memang ada rasa nyeri atau ketidaknyamanan fisik lainnya,  segeralah berhenti. Ambil  nafas sebentar dan ulangi lagi setelah ibu yakin tubuh sudah kembali pulih.


4. Merencanakan Latihan
Perencanaan latihan didasarkan perhatian pada berbagai kepentingan yang mungkin saling bertentangan -- kebutuhan diri, suami dan bayi.


5. Makanan Yang Benar
Menu makanan menentukan tingkat kesehatan. Menu makanan menjadi sangat penting ketika ibu sedang hamil dan setelahnya yaitu saat menyusui. Untuk bisa berhasil, latihan fisik pun membutuhkan makanan yang memadai.


6. Pelan Tapi Pasti
Seperti pada poin 3, Ibu jangan memaksakan diri untuk membuat perubahan yang mendadak. Ingat, kehamilan memakan waktu yang lama (9 bulan). Pemulihan kondisi tubuh pun minimal memerlukan waktu sebanyak itu. Kendati pelan, terus saja lakukan agar ibu memetik kasilnya.

7. Ikuti kelas olahraga bagi ibu yang baru melahirkan.
Biasanya tempat kebugaran untuk ibu hamil juga dilengkapi dengan latihan pasca kelahiran itu.


8. Jangan Tinggalkan Bayi
Saat melakukan latihan fisik, sangat mungkin untuk tetap dekat dengan bayi ibu, misalnya ibu jalan keliling kampung, Ibu bisa saja membuat gendongan khusus untuk bayi atau menggunakan ransel atau kereta bayi sehingga sikecil bisa ikut tanpa membuat ibu kelelahan dan kerepotan. Latihan dirumahpun bisa dilakukan tanpa harus kehilangan perhatian pada bayi.


9. Konsultasi dokter/bidan.
Konsultasi dengan dokter atau bidan bisa dilakukan sejak awal, pada saat pertengahan atau pun diakhir suatu program latihan fisik. Dokter atau bidan bisa memastikan seberapa besar kekuatan ibu dan bagaimana caranya agar hasilnya optimal.

Tags :

bm
MITATRANSPORT.COM

Perusahaan Rental Mobil dan Bus Pariwisata, Agent Tour and Travel Jogja, Yogyakarta
Telp/WA 0852-2277-8145